Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Tips, Trick dan Cara Reset Password Mac

Barusan kami menerima (lagi) pertanyaan cara reset password di Mac. Lupa dengan password sendiri merupakan sebuah hal yang umum terjadi ...


Barusan kami menerima (lagi) pertanyaan cara reset password di Mac. Lupa dengan password sendiri merupakan sebuah hal yang umum terjadi apabila Mac tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pada tutorial kali ini saya akan membahas cara reset password di Mac menggunakan CD installer bawaan OS X. Cara ini lebih mudah dan masuk akal dibandingkan proses hacking yang ribet dan mungkin membingungkan sebagian pengguna.
Catatan: Kalau kamu mempunyai dua user account di Mac, dan salah satunya adalah Administrator, maka kamu cukup menggunakan yang satunya lagi untuk reset password tanpa melalui langkah-langkah di bawah ini.
  1. Masukkan CD installer bawaan OS X yang paling mendekati versi di Mac. Restart Mac dan tahan tombol C untuk boot menggunakan CD installer. Kalau tidak, kamu bisa menggunakan lambang Install or Restore yang terdapat pada lambang disc installer di Mac.
  2. Pilih jenis bahasa dan pilih lambang panah.
  3. Pilih Utitilies » Password Reset. Setiap OS bisa mempunyai nama menu bar yang berbeda-beda. Coba buka satu per satu perintah di menu bar untuk menemukan pilihan reset password.

    Gambar oleh Gizmowatch
  4. Pilih hard disk OS X di Mac.
  5. Pilih nama akun yang kamu ingin reset password. Jangan pilih System Administrator (root).
  6. Masukkan password baru beserta hint yang bisa digunakan nanti. Kemudian pilih «Save».
  7. Tutup jendela aplikasi dengan memilih tombol merah di pojok kiri atas.
  8. Pilih Quit OS X Installer dari menu bar.
  9. Restart dan log in menggunakan password yang baru dibuat.
Bila sukses log in menggunakan password yang baru dibuat, selanjutnya kamu harus menghapus keychain login di Keychain Access. Hal ini berhubung setiap password aplikasi yang pernah kamu simpan membutuhkan password akun sebelumnya supaya bisa diakses. Akibatnya adalah kamu harus memasukkan kembali password satu per satu ke setiap aplikasi. Tetapi ini jauh lebih baik daripada tidak bisa log in ke Mac.
Tutorial ini ditulis berdasarkan dokumentasi Apple yang membahas cara reset password. Sejak OS X Lion, kamu dapat reset password menggunakan Apple ID dengan menyalakannya pada halaman Users & Groups di System Preferences.

sumber: makemac

Tidak ada komentar